Minggu, 19 Januari 2014

TUGAS SOFTSKILL ETIKA BISNIS #4

IKLAN DAN DIMENSI ETISNYA


Iklan ialah bentuk komunikasi tidak langsung yang didasari pada informasi tentang keunggulan suatu produk sehingga mengubah pikiran konsumen untuk melakukan pembelian.

Fungsi Iklan Sebagai Pemberi Informasi
*         Iklan sebagai pemberi informasi tentang produk yang ditawarkan di pasar.
*         Iklan sebagai pembentuk pendapat umum tentang sebuah produk.

Beberapa Persoalan Etis Periklanan
*         Iklan merongrong otonomi dan kebebasan manusia.
*         Iklan yang manipulatif dan persuasif non-rasional menjadikan manusia yang konsumtif.
*         Iklan merongrong rasa keadilan sosial dan memicu kesenjangan sosial.

Prinsip – prinsip Etis Dalam Iklan
*         Iklan tidak boleh menyampaikan informasi yang palsu dengan maksud memperdaya konsumen.
*         Iklan wajib menyampaikan semua informasi tentang produk yang diiklankan.
*         Iklan tidak boleh mengarah pada pemaksaan.
*         Iklan tidak boleh mengarah pada tindakan yang bertentangan dengan moralitas.

Makna Etis Menipu Dalam Iklan
Iklan membentuk citra sebuah produk bahkan sebuah perusahaan ditengah masyarakat. Iklan yang membuat pernyataan yang salah atau yang tidak benar oleh pembuat iklan dan produsen barang tersebut dengan maksud memperdaya atau mengecoh konsumen dalam sebuah tipuan dan arena itu dinilai sebagai iklan yang tidak etis.

Kebebasan Konsumen
Sebagai makhluk sosial kita memang tidak lepas dari pengaruh dari informasi dari orang lain. Tapi tidak berarti bahwa pengaruh tadi akan membelenggu dan meniadakan kebebasan individu.

Untuk membuat iklan yang berkualitas harus melibatkan ahli etika, konsumen, ahli hokum, pengusaha, pemerintah,tokoh agama dan tokoh masyarakat tertentu, kalau perlu dibuat undang-undang yang mengikat tetapi tidak merampas kemandirian biro iklan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar