IKLAN DAN DIMENSI ETISNYA
Iklan ialah bentuk komunikasi tidak langsung yang
didasari pada informasi tentang keunggulan suatu produk sehingga mengubah
pikiran konsumen untuk melakukan pembelian.
Fungsi Iklan Sebagai Pemberi Informasi
Iklan
sebagai pemberi informasi tentang produk yang ditawarkan di pasar.
Iklan
sebagai pembentuk pendapat umum tentang sebuah produk.
Beberapa Persoalan Etis Periklanan
Iklan
merongrong otonomi dan kebebasan manusia.
Iklan
yang manipulatif dan persuasif non-rasional menjadikan manusia yang konsumtif.
Iklan
merongrong rasa keadilan sosial dan memicu kesenjangan sosial.
Prinsip
– prinsip Etis Dalam
Iklan
Iklan
tidak boleh menyampaikan informasi yang palsu dengan maksud memperdaya
konsumen.
Iklan
wajib menyampaikan semua informasi tentang produk yang diiklankan.
Iklan
tidak boleh mengarah pada pemaksaan.
Iklan
tidak boleh mengarah pada tindakan yang bertentangan dengan moralitas.
Makna Etis Menipu Dalam
Iklan
Iklan membentuk
citra sebuah produk bahkan sebuah perusahaan ditengah masyarakat. Iklan yang
membuat pernyataan yang salah atau yang tidak benar oleh pembuat iklan dan
produsen barang tersebut dengan maksud memperdaya atau mengecoh konsumen dalam
sebuah tipuan dan arena itu dinilai sebagai iklan yang tidak etis.
Kebebasan Konsumen
Sebagai makhluk
sosial kita memang tidak lepas dari pengaruh dari informasi dari orang lain.
Tapi tidak berarti bahwa pengaruh tadi akan membelenggu dan meniadakan
kebebasan individu.
Untuk membuat iklan
yang berkualitas harus melibatkan ahli etika, konsumen, ahli hokum, pengusaha,
pemerintah,tokoh agama dan tokoh masyarakat tertentu, kalau perlu dibuat
undang-undang yang mengikat tetapi tidak merampas kemandirian biro iklan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar