IKLAN TIDAK ETIS
Dewasa ini rokok
memang menjadi salah satu gaya hidup di kalangan masyarakat kita. Biasanya
iklan yang ditayangkan selalu menggambarkan tentang kegagahan, petualangan, dan
kenikmatan lainnya dari seseorang yang merokok. Oleh karena itu bintang iklan produk
rokok biasanya adalah laki-laki yang gagah serta menarik. Tak ketinggalan,
wanita pun sudah menjadi bintang iklan produk rokok.
Semakin banyak iklan rokok yang muncul di media massa, contohnya TV dan internet. Namun yang menjadi
pertanyaan saya adalah, mengapa wanita makin
sering menjadi atau dijadikan sebagai bintang iklan produk rokok?, bukankah itu
sama saja memberi kesan seorang wanita boleh merokok? atau apakah memang
seperti itu tujuan iklan rokok tersebut? Bahwa wanita merokok itu adalah hal biasa? . Meskipun
sebenarnya merokok adalah hak masing-masing individu, tetapi mengingat bangsa
kita adalah bangsa yang menganut budaya ketimuran, apakah hal ini pantas dan
sesuai dengan budaya bangsa kita?.
Disamping itu, ada
hal lain yang menurut saya juga tidak pantas untuk ditayangkan dalam iklan
produk rokok. Yaitu kata-kata yang biasanya diselipkan di iklan sebagai “motto”
iklan tersebut. Seperti “pikir pendek, go
ahead”, “hilang arah, go ahead”,
dan kata-kata andalan iklan produk rokok lainnya.
Menurut saya hal ini
tidak etis karena iklan tersebut sama saja mengarahkan masyarakat untuk
berpikir pendek, hilang arah, dan lainnya. Bukankah seharusnya kita membangun
masyarakat untuk ke arah yang lebih baik dan bukan sebaliknya.
Kreativitas dalam
pengiklanan produk rokok memang makin tinggi, hanya sebaiknya jangan sampai
melupakan norma atau budaya bangsa ini. Maka disarankan untuk Masyarakat harus lebih cerdas dalam memilih gaya hidup, jika tidak
sesuai dengan norma dan budaya bangsa, sebaiknya tidak perlu diikuti. dan juga bagi para pengiklan
rokok agar lebih bijak lagi dalam mempromosikan produk rokok perusahannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar