Rabu, 08 Januari 2014

TULISAN SOFTSKILL ETIKA BISNIS #3

IKLAN TIDAK ETIS


Dewasa ini rokok memang menjadi salah satu gaya hidup di kalangan masyarakat kita. Biasanya iklan yang ditayangkan selalu menggambarkan tentang kegagahan, petualangan, dan kenikmatan lainnya dari seseorang yang merokok. Oleh karena itu bintang iklan produk rokok biasanya adalah laki-laki yang gagah serta menarik. Tak ketinggalan, wanita pun sudah menjadi bintang iklan produk rokok.

Semakin banyak iklan rokok yang muncul di media massa, contohnya TV dan internet. Namun yang menjadi pertanyaan saya adalah, mengapa  wanita makin sering menjadi atau dijadikan sebagai bintang iklan produk rokok?, bukankah itu sama saja memberi kesan seorang wanita boleh merokok? atau apakah memang seperti itu tujuan iklan rokok tersebut? Bahwa  wanita merokok itu adalah hal biasa? . Meskipun sebenarnya merokok adalah hak masing-masing individu, tetapi mengingat bangsa kita adalah bangsa yang menganut budaya ketimuran, apakah hal ini pantas dan sesuai dengan budaya bangsa kita?.

Disamping itu, ada hal lain yang menurut saya juga tidak pantas untuk ditayangkan dalam iklan produk rokok. Yaitu kata-kata yang biasanya diselipkan di iklan sebagai “motto” iklan tersebut. Seperti “pikir pendek, go ahead”, “hilang arah, go ahead”, dan kata-kata andalan iklan produk rokok lainnya.

Menurut saya hal ini tidak etis karena iklan tersebut sama saja mengarahkan masyarakat untuk berpikir pendek, hilang arah, dan lainnya. Bukankah seharusnya kita membangun masyarakat untuk ke arah yang lebih baik dan bukan sebaliknya.

Kreativitas dalam pengiklanan produk rokok memang makin tinggi, hanya sebaiknya jangan sampai melupakan norma atau budaya bangsa ini. Maka disarankan untuk Masyarakat harus lebih cerdas dalam memilih gaya hidup, jika tidak sesuai dengan norma dan budaya bangsa, sebaiknya tidak perlu diikuti. dan juga bagi para pengiklan rokok agar lebih bijak lagi dalam mempromosikan produk rokok perusahannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar